Manfaat Akar Kelapa

MANFAAT AKAR KELAPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dikenal dengan sebutan pohon 1000 manfaat, tanaman kelapa atau yang lebih sering di kenal pohon nyiur ini memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Mulai dari bahan baku pangan, hingga papan. Dengan seribu manfaat dari pohon kelapa, dapat kita peroleh pada setiap bagiannya. Mulai dari akar, batang, daun, lidi, buah, hingga limbah ampasnya.
Akar kelapa termasuk pada jenis akar serabut. Berbeda dengan tanaman lainnnya, akar pohon kelapa memiliki kekuatan dan keelastisan. Akar pohon kelapa sama kuatnya dengan ranting pohon lainnya dan memiliki serat yang rapat. Kelebihan itulah yang menjadikan akar pohon kelapa banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia.
Ingin tau apa saja kah manfaatnya?…. simak dibawah ini :

1. Pengganti kayu bakar
Yang pertama adalah sebagai pengganti kayu bakar. Akar pohon kelapa yang memiliki ukuran kecil dan mudah terbakar inilah yang kerapkali dimanfaatkan manusia sebagai bahan bakar saat memasak dengan tungku. Selain karna mudah terbakar, akar kelapa ini juga awet karena seratnya yang rapat.

Baca Juga : Mesin Jual Mesin Penghancur Sabut Kelapa

2. Sikat gigi
Selain sebagai bahan bakar, akar kelapa juga sering dimanfaatkan sebagai sikat gigi. Penggunaan akar kelapa sebagai sikat gigi karena teksturnya yang berserat rapat. sehingga ketika di pipihkan atau di geprek, bagian akarnya tidak mudah hancur.
Sikat gigi akar pohon kelapa banyak digunakan oleh masyarakat pedalaman dan pedesaan atau masyarakat tradisional.

3. Sebagai furniture atau perabot rumah
Pohon kelapa yang memiliki akar serabut yang kuat dan menyaber memiliki daya tarik sendiri tuk menjadi bahan baku perabot rumah tangga. Selain karna kuat, elastisitas dari akar pohon kelapa dan keindahan bentuk alaminya banyak menjadi pertimbangan lebih untuk menggunakannya sebagai pengindah tatanan rumah.

4. Obat demam
Selain bermanfaat sebagai bahan perabot atau siwak, akar pohon kelapa juga dapat di manfaatkan sebagai obat demam. Kandungan anti perik pada akar pohon kelapa dapat menurunkan demam anda. untuk menyembuhkan demam, anda perlu membuat minuman dari akar pohon kelapa dengan cara mencuci dan mengeringkannya kemudian di tumbuk hingga jadi minuman serbuk. Lalu rebus.

5. obat gatal
untuk mengobati rasa gatal, anda bisa mencoba ramuan rebusan akar pohon kelapa. Dengan cara mencuci dan mengeringkannya kemudian di tumbuk hingga jadi minuman serbuk. Lalu rebus.

6. Obat perut kembung
Gejala yang biasanya di alami oleh penderita perut kembung adalah rasa mual dan perih di lambung. Untuk mengobatinya, disarankan untuk tidak terlalu bergantung pada obat-obatan. Karena akan berefek buruk pada kesehatan anda.
Akar pohon kelapa dapat menjadi obat alternatif herbal untuk anda saat mengalami perut kembung. Caranya sangat mudah, yaitu cuci bersih akar kelapa kemudian keringkan. Setelah kering akar kelapa dapat d rebus dengan 3 gelas air. Kemudian minumlah secara rutin 2x sehari atau sampai perut sudah tak terasa kembung.

7. Obat diare
Akar pohon kelapa juga dapat menyembuhkan diare anda. caranya sama saja yakni merebus akar kelapa yang telah di keringkan

8. Obat wasir
Wasir adalah pembengkakan yang di isi oleh pembuluh darah pada bagian anus, dan sangat menyiksa penderitanya. untuk mengobati penyakit wasir, anda dapat menggunakan akar pohon kelapa yang di rebus untuk dijadikan minuman herbal alami.

9. Melancarkan peredaran darah
Seduhan akar pohon kelapa juga dapat melancarkan peredaran darah karena akan membantu menghancurkan lemak jahat yang menempel pada pembuluh darah

10. Hipertensi
Seduhan akar pohon kelapa juga sangat ampuh untuk mengatasi hipertensi.

Demikianlah beberapa manfaat dari akar pohon kelapa yang biasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat anda praktekkan dengan mudah di rumah.
Semoga bermanfaat………